Efisiensi adalah hal yang sangat penting
dalam setiap hal. Sebagai insan kreatif, produktifitas dan kualitas pasti
menjadi suatu tuntutan yang wajib dipenuhi. Salah satu faktor penunjangnya
adalah efisiensi dalam bekerja. Efisiensi dalam hal ini berarti tepat dan
sesuai menghasilkan sebuah karya dengan tidak membuang-buang waktu dan tenaga.
Nah, berikut adalah 3 tips sederhana yang mungkin dapat membantu kamu agar
lebih efisien dalam mendesain. Check it out!
Mengenal
Proses
Setiap bidang dalam desain grafis adalah
unik. Layout, illustrasi, desain logo, advertising, web design, maupun print
design memiliki proses yang berbeda satu sama lain. Alangkah pentingnya untuk
mengenal masing-masing proses tersebut agar efisiensi kerja bisa tercapai.
Sebagai contoh misalnya, ketika kita
ingin mendesain cover majalah bergaya kartun yang ilustratif, maka terlebih
dahulu kita harus membuat ilustrasi. Dalam kasus ini kita bisa memulai dengan
menggambar sketsa kasar untuk mendapatkan bentuk, kemudian lanjut kepada sketsa
bentuk, pewarnaan, shadowing dan highlighting, sampai dengan finishing akhir.
Proses-proses seperti ini selain menghemat banyak waktu dan tenaga, juga
biasanya akan menghasilkan output yang berkualitas.
Kesesuaian
Tool
Saat ini, kita mengenal banyak sekali aplikasi
grafis yang memungkinkan kita untuk menciptakan beragam bentuk grafis. Mulai
dari yang standar sampai dengan professional dan ditujukan untuk keperluan
komersil. Kita pun dituntut untuk mampu menyesuaikan pekerjaan dengan aplikasi
yang akan dipakai.
Misalnya kita ingin mendesain halaman
web. Adobe Illustrator punya fitur-fitur yang memungkinkan kita menghasilkan
web page yang menarik. Akan tetapi, karena AI memang tidak dirancang untuk itu,
maka proses tersebut akan sangat rumit dan memakan waktu yang cukup lama.
Pilihan yang tepat tetap jatuh kepada Photoshop. Kesesuaian dalam memilah tool
akan membantu meningkatkan efisiensi kerja.
Mengorganisir
File
Ini mungkin hal yang sederhana, tapi penting. Sebagai
desainer, kita biasa bekerja dalam beberapa tahap, mulai dari deal,
revisi, finishing, sampai dengan penyerahan file akhir. Tanpa manajemen file
dan folder yang baik, kita akan disulitkan oleh ketidak-teraturan file. Hal ini
akan sangat menganggu efisiensi kerja. Pengalaman pribadi, saya pernah menghabiskan
waktu cukup lama mencari file klien di komputer. Penyebabnya itu tadi, tidak memanage
dan menamai file dengan teratur dan terlalu mengandalkan ingatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar